Apa itu DNA (Deoxyribo-Nucleic Acid) ?


DNA adalah : Rangkaian molekul penentu bentuk dan sifat semua makhluk hidup.Semua makhluk hidup punya DNA. Manusia, kucing, monyet, pohon, tomat, pisang, bayam, dinosaurus. Semua punya kode genetik yang menentukan bentuk dan sifat-sifat mereka.

Jadi kenapa kita terbentuk seperti manusia, atau tiap orang punya ciri genetis yang berbeda, atau tumbuhan berbentuk seperti tumbuhan, atau kenapa kita mirip dengan orangtua kita, dan berbeda dengan orang lain, semuanya karena DNA yang unik.

Ada orang yang berkulit putih, ada yang sawo matang. Ada yang rambutnya bule atau berwarna hitam. Semuanya karena kita mempunyai elemen-elemen pembentuk biologis yang unik, yaitu DNA. Sekarang anda sudah tahu apa itu DNA.

Jurassic Park

Dalam film “Jurassic Park“, para ilmuwan yang dibiayai Milyuner John Hammond bahkan bisa “menciptakan” aneka ragam dinosaurus hidup, dengan memakai kode genetik DNA dari fosil nyamuk yang menghisap darah dinosaurus.

DNA adalah resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Persis seperti setiap bangunan gedung yang ada cetak birunya masing-masing.

DNA…

Tidak hanya bentuk fisik makhluk hidup, tapi juga sifat, lewat keturunan.
Jadi sifat manusia bisa terbentuk dari 2 hal,
1. turunan genetik, lewat DNA dari orangtua kita.
2. unsur lingkungan.

Dan unsur yang satu bisa lebih dominan dari yang lain.

DNA, Deoxyribo-Nucleic Acid.

Kode genetik makhluk hidup. Bentuknya Double Helix, meliuk seperti spiral.

Penting nggak sih kita tahu soal DNA kita?Sangat penting.
Karena dengan menganalisa DNA, kita akan bisa jauh lebih memahami cara kerja dan keadaan tubuh kita, dengan sangat detail. Sampai ke level molekuler.

Ini nantinya memungkinkan ..

Kita bisa hidup lebih sehat, lebih lama, lebih jauh dari penyakit. Tidak hanya dengan diobati, tapi lewat pencegahan, mendeteksi gen, bahkan dari sejak lahir.

Dengan adanya peta yang detail dari tiap molekul tubuh manusia, anomali-anomali terkecil pun bisa langsung ditemukan dan diperbaiki.

Dengan penyelidikan DNA yang paling mutakhir, mungkin nantinya manusia bisa bebas dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, atau jantung.

Tapi tidak itu saja, pengetahuan itu memungkinkan manusia menemukan gen-gen unggul, memanipulasi gen unggul, memperkuatnya, bahkan mengkombinasikannya dengan gen-gen unggul dari luar. Genetic Engineering.

“Human genetic engineering has the potential to change human beings’ appearance, adaptability, intelligence, character and behavior. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans”.

X-MEN, manusia-manusia super yang tercipta
dari mutasi DNA.

Kita Tidak Berbeda, tapi Sama

Semua orang di seluruh dunia ternyata adalah sama. Semua umat manusia, bule, asia, afrika, latin, punya 99% molekul DNA yang persis sama. Dan yang membuat perbedaan seperti warna kulit dan rambut, hanya berasal dari 1% perbedaan genetik saja.

Bahkan antara manusia dengan simpanse pun perbedaan genetiknya hanya 5 % (Wikipedia, Human Genome).

Kita semua adalah makhluk hidup yang sama, ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

Proyek Biologi Terbesar dalam Sejarah Manusia,
The Human Genome Project

“Without a doubt, this is the most important,
most wondrous map ever produced by humankind.”
Bill Clinton, 26 Juni 2000.
Ini benar-benar sebuah upaya raksasa. Para peneliti terbaik di dunia, dari Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang dan China, mengerjakan proyek ini dengan dana US$ 3 Milyar, dan memerlukan waktu 13 tahun, dari tahun 1990 -2003 untuk menyelesaikannya.

Banyak yang membandingkan proyek pemetaan gen manusia ini dengan Proyek Manhattan yang menciptakan bom atom, energi terdahsyat dalam sejarah manusia, dan peluncuran manusia ke Bulan.

Tujuannya adalah menciptakan peta yang sangat detail dari DNA manusia, dengan harapan agar manusia punya pemahaman baru yang lebih detail dan revolusioner tentang tubuh manusia. Dengan proyek ini, kesehatan, potensi biogenetik, dan kemampuan manusia dalam mencegah dan mengobati penyakit akan jauh lebih signifikan.

Mungkin suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai lebih dari 100 tahun, dan bebas dari segala macam penyakit. Kita tunggu saja.Jadi Anda sudah tahu apa itu DNA kan?
Rangkaian elemen molekul penentu bentuk dan sifat makhluk hidup.

DNA, Wikipedia.
The Secret of Life, Time Magazine.
So, We’ve Got the Genome Map. Now, What to Do With It? Time
Animasi, Tour of The Basics, What is DNA? University of Utah

Bagaimana Francis Crick dan James Watson menemukan “Rahasia Kehidupan”.

sumber:  http://imperiumindonesia.blogspot.com/2008/08/apa-itu-dna.html

About these ads

Posted on Maret 31, 2010, in Knowladge, Sains and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. semoga bermanfaat….! ^_^

  2. Kalau semua mahkluk hidup itu punya DNA, bagaimana dengan Yesus, apakah juga punya DNA? DNA nya bisa dilacak dari keturunan IBUNYA bukan? Kalau begitu bisa ditelusuri keberadaan nenek moyang dan keturunannya. Sepengetahuan saya dari buku-buku, banyak pengikut kristiani yang dianggap murtat oleh gereja, karena berani berkhayal bahwa Yesus itu pernah menikah dan punya keturunan. Mohon maaf bagi umat kristiani, saya tidak akan merendahkan Yesus, tapi ingin tahu secara ilmiah saja, tentang Yesus.

    • Menurut Islam, Din yang haq, agama yang lurus, Yesus adalah manusia. Dia adalah Isa Al-masih putra maryam Rosul pembawa risalah untuk mentauhidkan Allah.

      Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (QS Maryam: 30-35)

      Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (Al Maa’idah: 116-117)

      Justru dengan menjadikan Isa Al masih tuhan sama artinya merendahkan Nabi Isa. Begitulah menurut Islam. Agama yang datang langsung dari Allah, tuhan semesta Alam.

      Sejauh pemahaman saya, saya belum menemukan suatu keterangan dari Rosullulah mengenai apakah Isa al masih mempunyai Istri dan keturunan. Yang jelas, menurut teori ilmiah setiap manusia mempunyai DNA dan Isa Al masih adalah manusia, dan tentunya mempunyai DNA. Untuk melacak keturunannya mungkin hal ini bisa dilakukan mungkin juga tidak. Untuk lebih jelasnya, saya sudah mencarikan artikel mengenai itu di :

      http://mediaumat.com/kristologi/3185-58-siapa-bilang-yesus-hidup-membunjang.html, artikel ini membahas secara logika dan hujjah – hujjah dari islam dan kristen.

      dan

      http://artikelassunnah.blogspot.com/2010/04/apakah-isa-alaihi-wa-salam-pernah.html Artikel ini jawaban dari Oleh syaikh Abdullah Bin Abdurrahman Al- Jibrin.

      silahkan ditilik dan ditelaah.

      Semoga Allah menunjukkan anda dan saya kebenaran. Amin…
      Terima kasih telah berkunjung… :)

Silahkan komentar untuk menjalin persahabatan yang Indah...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: